Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang
   DIRGAHAYU KE-1329 KOTA PALEMBANG   WALI KOTA IMBAU SEKOLAH PRIORITASKAN PELAJARAN AGAMA   WARNET JANGAN BUKA HINGGA LARUT MALAM  
Waktu
 
Kalender
SEPTEMBER 2014
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30          
             
 
Jadwal Sholat
Palembang
Imsak04:33 WIB
Subuh04:43 WIB
Syuruq05:58 WIB
Dzuhur12:02 WIB
Ashar15:18 WIB
Maghrib18:04 WIB
Isya19:12 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
 
Cuaca

Data Cuaca tidak bisa diambil.

 
Peta Palembang
 
Peta Pengunjung
 
Klip Palembang

Palembang


 

Portal Nasional Republik Indonesia

Departemen Dalam Negeri RI

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kota Palembang

Bulletin Metropolis

Beranda > Tupoksi

Tupoksi

 DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

KOTA PALEMBANG

Tugas dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang.

TUGAS

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas perbantuan di bidang Komunikasi dan Informatika.

 FUNGSI:

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud Dinas Kominfo mempunyai fungsi:

    *

      Memimpin kegiatan dinas dan urusan kesekretariatan serta bidang yang ada dalam lingkungannya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Walikota.
    *

      Penyusunan visi, misi dan rencana strategis Dinas.
    *

      Perumusan kebijakan pelaksanan dan kebijakan teknis dibidang komunikasi dan informatika yang meliputi; Pengembangan Komunikasi dan Informatika; Informasi Publik; Diseminasi Informasi dan Pemberdayaan Telematika, Pos dan Telekomunikasi.
    *

      Penyelenggaraan usaha–usaha pembinaan terhadap pelaksanaan bantuan baik bersumber dari pemerintah maupun swasta.
    *

      Pelaksanaan komunikasi, konsultasi dan kerja sama dengan unsur pemerintah kota dan instansi serta masyarakat dalam usaha pelaksanaan tugas dan fungsi.
    *

      Evaluasi dan pelaporan.
    *

      Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

 URAIAN TUGAS.

        Berdasarkan  tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud di atas uraian tugas kepala dinas sebagai berikut:

    *

      Menetapkan visi, misi dan rencana strategis dinas.
    *

      Menetapkan rancangan program kerja dan kegiatan serta anggaran tahunan dinas untuk selanjutnya diusulkan kepada Walikota.
    *

      Mempelajari dan melaksanakan kebijakan yang diberikan oleh Walikota.
    *

      Membina, memotivasi dan melaksanakan pengawasan melekat terhadap bawahan dalam rangka peningkatan kinerja dan produktivitas kerja.
    *

      Memantau dan mengevaluasi realisasi program kerja dan kegiatan serta penggunaan anggaran dinas.
    *

      Mengkoordinasikan kegiatan dinas dalam rangka mendukung pencapaiana sasaran program kerja dan kegiatan dinas.
    *

      Mengkaji bahan penetapan peraturan, prosedur dan atau pedoman-pedoman yang mendukung terhadap pelaksanaan tugas.
    *

      Menetapkan petunjuk operasional pelaksanaan operasional kegiatan dinas.
    *

      Merumuskan dan menjabarkan kebijakan strategis dan teknis dibidang komunikasi dan informatika.
    *

      Melaksanakan pengawasan dan pengendalian di bidang komunikasi dan informatika.
    *

      Melaksanakan dengan pihak lain baik pemerintah maupun swasta di bidang komunikasi dan informatika.
    *

      lMelaksanakan kebijakan strategis dan teknis di bidang komunikasi dan informatika.
    *

      Menyelenggarakan pelayanan teknis administrasi kepada semua perangkat daerah dan masyarakat di bidang komunikasi dan informatika.
    *

      Menyelenggarakan koordinasi dengan pihak instansi terkait di bidang komunikasi dan informatika.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Walikota di bidang perizinan komunikasi dan informatika.
    *

      Memberikan laporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dinas sebagai pertanggungjawaban kepada Walikota melalui sekretaris daerah.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Walikota dalam hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi dinas.
    *

      Menyelenggarakan tertib administrasi dalam pengelolaan ketatausahaan dinas.
    *

      Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan oleh sekretaris dan kepala bidang.
    *

      Memaraf dan menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Walikota.

Dinas Komunikasi dan Informasi terdiri dari :

    * Sekretariat
    * Bidang Pengembangan  komunikasi dan informatika
    * Bidang Informasi publik
    * Bidang Diseminasi Informasi
    * Bidang Pemberdayaan Telematika, Pos dan Telekomunikasi

 

 

SEKRETARIAT

 

TUGAS.

        Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris dinas, yang mempunyai tugas pokok melakukan urusan umum, kepegawaian dan keuangan.

FUNGSI.

        Untuk melaksanakan tugas pokok sebagai mana dimaksud di atas, sekretaris mempunyai fungsi:

    *

      Penyusunan kebijakan teknis di bidang ketatausahaan.
    *

      Pelaksanaan urusan administrasi, surat menyurat dan kearsipan.
    *

      Pengelolaan urusan keuangan.
    *

      Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian.
    *

      Pengelolaan urusan perlengkapan dan kerumahtanggaan.
    *

      Evaluasi dan pelaporan.

 

URAIAN TUGAS.

        Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, uraian Tugas Sekretaris sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan kesekretariatan untuk diusulkan kepada Kepala Dinas.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Sub Bagian-Sub Bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyelenggarakan kegiatan rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran tahunan Dinas.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Sub Bagian dan staf.
    *

      Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep/ naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Sub Bagian
    *

      Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan administrasi umum.
    *

      Menyelenggarakan urusan kerumahtanggaan Dinas dan Pelayanan administrasi terhadap satuan-satuan kerja dilingkungan dinas.
    *

      Menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan peralatan dan barang investaris dinas.
    *

      Menyelenggarakan pembinaan dan pengelolaan administrasi kepegawaian.
    *

      Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan dinas.
    *

      Mengevaluasi dan menyusun serta menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sekretariat kepada Kepala Dinas secara berkala.
    *

      Menyusun laporan pertanggungjawaban Kepala Dinas kepada Walikota.
    *

      Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan protokoler dan kehumasan di lingkungan dinas.
    *

      Melaksanakan koordinasi kegiatan ketatausahaan dengan instansi terkait.
    *

      Menyelenggarakan pengaturan dalam rangka memelihara kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan lingkungan dan gedung kantor Dinas.
    *

      Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.   

 Sekretariat terdiri dari :

-          Subbag Kepegawaian

-          Subbag Keuangan

-          Subbag Umum

 

Sub Bagian Kepegawaian

 

TUGAS.

        Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, pengembangan dan pengelolaan administrasi kepegawaian serta pengorganisasian dan ketatalaksanaan di lingkungan Dinas.

 

FUNGSI.

        Dalam pelaksanaan tugas Sub Bagian Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian.
    *

      Menyiapkan kebijakan di bidang kepegawaian dan administrasi jabatan fungsional.
    *

      Melaksanakan pengurusan pola pengembangan karir dan penilaian jabatan.
    *

      Pelaksanaan urusan kepangkatan, pengangkatan dan pemindahan dalam jabatan Struktural dan jabatan Fungsional.
    *

      Pelaksanaan urusan pemberhentian, pemensiunan dan penyelesaian pelanggaran disiplin pegawai.
    *

      Pengembangan dan pemeliharaan basis data kepegawaian dan penataan kearsipan dan tata naskah dokumen pegawai serta pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan sekretariat. 
    *

      Penataan organisasi dalam ketatalaksanaan Dinas.
    *

      Pelaksanaan kegiatan penghimpunan bahan–bahan dan penyusunan konsep rancangan program kerja dan kegiatan dinas
    *

      Evaluasi dan Laporan.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Kepegawaian sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja dan program kerja kepegawaian sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf.
    *

      Menyelenggrakan administrasi kepegawaian.
    *

      Menyiapkan usulan dan administrasi pegawai yang akan mengikuti diklat.
    *

      Menyiapkan administrasi perjalanan dinas.
    *

      Melaksanakan kegiatan pembinaan kepegawaian.
    *

      Menyiapkan usulan mutasi pegawai.
    *

      Melakukan upaya peningkatan kesejahteraan pegawai.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada sekretaris tentang langkah – langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
    *

      Menyusun dan Menampilkan laporan pelaksanaan tugas.
    *

      Melaksanakan tugas kedinasan lainya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Sub Bagian Keuangan

TUGAS.

        Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan dan inventarisasi kekayaan milik pemerintah.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Keuangan menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan bagian keuangan.
    *

      Pengelolaan urusan administrasi keuangan.
    *

      Penyusunan rencana anggran pembiayaan.
    *

      Penyelenggaraan verifikasi, perbendaharaan dan pembukuan akuntansi.
    *

      Penyiapan dan penghimpunan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan verifikasi terhadap pertanggung jawaban keuangan.
    *

      Evaluasi dan pelaporan.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi seperti maksud diatas, Uraian tugas Kepala Sub Bagian Keuangan sebagai berikut:

    *

      Menyusun rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Keuangan.
    *

      Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf.
    *

      Menyusun rencana anggaran kerja dinas.
    *

      Menyusun rencana plafon kebutuhan anggaran dan penggunaan anggaran.
    *

      Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan, pedoman  dan petunjuk teknis mengenai hasil pemeriksaan/ verifikasi terhadap pertanggung jawaban keuangan.
    *

      Menyelengarakan kegiatan perbendaharaan verifikasi dan pembukuan / akutansi.
    *

      Meneliti dan memeriksa Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), sesuai dengan buku  pengendalian SPJ.
    *

      Mengikuti perkembangan pelaksanaan anggaran rutin maupun anggaran pembangunan.
    *

      Penyelenggaraan administrasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD).
    *

      Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait, untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada Sekretaris tentang langkah-langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
    *

      Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
    *

      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

Sub Bagian Umum

 

TUGAS.

        Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan Tata Usaha dan rumah tangga, dan perlengkapan.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Umum menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rancangan program kerja dan kegiatan Sub Bagian Umum.
    *

      Penunyusun Rumusan kebijakan teknis dibidang administrasi umum.
    *

      Pelaksanaan kegiatan penghimpunan bahan–bahan dan penyusunan konsep  rancangan program kerja dan kegiatan dinas.
    *

      Pelaksanaan kegiatan- kegiatan ketatausahaan dan kearsipan, kerumahtanggaan serta perlengkapan dinas.
    *

      Evaluasi dan pelaporan.

URAIAN TUGAS.

        Uraian tugas Kepala Sub Bagian Umum :

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Sub Bagian Umum.
    *

      Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada staf.
    *

      Menyelenggarakan urusan administrasi surat menyurat meliputi Menerima dan membukukan serta mengklarisifikasi surat-surat masuk :

1.      Mendistribusikan surat-surat masuk serta didisposisi Kepala Bidang atau Sekretaris.

2.      Memantau surat-surat masuk yang sifatnya perlu penanganan segera.

3.      Pembukuan dan pengendalian serta mendistribusikan surat-surat keluar sesuai dengan tujuan.

    *

      Mengelola arsip dinas meliputi :

1.      Menyiapkan tempat menyimpan arsip.

2.      Mengatur, menyimpan dan memelihara dokumen kearsipan, baik arsip yang masih aktif maupun arsip yang in aktif.

3.      Menyiapkan pelaksanaan pemusnahan arsip-arsip yang sudah melewati jangka waktu, melayani peminjaman bahan kearsipan.

    *

      Melakukan pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor dan kendaraan Dinas, meliputi :

1.      Menyusun Rencana kebutuhan Barang Unit (RKBU).

2.      Mengadakan penelitian keperluan gedung kantor.

3.      Mengadakan pendataan kendaraan dinas.

4.      Mengadministrasikan penerimaan, pengeluaran barang milik Negara dan barang milik Daerah.

5.      Melakukan pemeliharaan barang investaris.

6.      Melakukan usulan penghapusan barang.

    *

      Melaksanakan Urusan Perjalanan dinas yang meliputi :

1.      Menyiapkan usul surat perintah tugas dan surat perjalanan dinas.

2.      Menghimpun pelaporan hasil perjalanan dinas.

3.      Mengadakan koordinasi dengan Sub Bagian Keuangan.

    *

      Urusan Rumah Tangga Dinas meliputi :

1.      Menyampaikan keperluan rapat, upacara dan keprotokolan.

2.      Memelihara kebersihan, keindahan dan keamanan.

    *

      Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai, sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam bidang tugasnya.
    *

      Menyusun dan Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas.
    *

      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

BIDANG INFORMASI PUBLIK

 

TUGAS.

        Bidang Informasi Publik mempunyai tugas melaksanakan pelayanan informasi publik, meliputi bidang: Pengelolaan Informasi Politik, Hukum Dan Keamanan; Pengelolaan Informasi Ekonomi Dan Kesejahteraan; Penyerapan Opini Publik.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Bidang Informasi Publik menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang informasi publik.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis  dibidang informasi publik.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang informasi publik.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang informasi publik.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaima dimaksud di atas, Uraian tugas Kepala Bidang Informasi Publik adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan informasi Publik.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk Kepada seksi-seksi dibawahnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyelengarakan kegiatan rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap para Kepala Seksi dan staf .
    *

      Mengoreksi dan memerintahkan perbaikan konsep naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang Politik, Hukum dan Keamanan.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang Ekonomi dan Kesra.
    *

      Melaksanakan penyerapan Opini Publik.
    *

      Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang informasi publik.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.

 Bidang Informasi Publik terdiri dari :

a.      Seksi Pengelola Informasi Politik, Hukum dan Keamanan.

b.      Seksi Pengelolaan Informasi Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.

c.       Seksi Penyerapan Opini Publik.

 

Seksi Pengelola Informasi Politik, Hukum dan Keamanan.

 

TUGAS.

        Seksi Pengelolaan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pelayanan informasi dibidang politik, hukum dan keamanan.

FUNGSI.

        Untuk melaksanakan tugasnya Seksi Pengelolaan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang pengelolaan informasi politik, hukum dan keamanan.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis  dibidang pengelolaan informasi politik, hukum, dan keamanan.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pengelolaan informasi politik, hukum, dan keamanan.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pengelolaan informasi Politik, hukum dan keamanan.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaiman dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Pengolahan Informasi Politik, Hukum dan Keamanan adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pengelolaan informasi Politik, Hukum dan Keamanan dan  memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan  petunjuk kepada Staf dibawahnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyusun rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengoreksi dan memperbaiki konsep naskah dinas yang diajukan oleh staf dibawahnya.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi tentang pemberantasan korupsi.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi tentang Pemilu.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi tentang HAM (Hak Asasi Manusia).
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi tentang Peraturan dan Perundang-undangan.
    *

      Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan,  monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pengelolaan informasi Politik, Hukum dan Keamanan.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang.  tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Seksi Pengelola Informasi Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.

TUGAS.

        Seksi Pengelola Informasi Ekonomi dan Kesra mempunyai tugas melaksanakan pengelolahan dan pelayanan informasi bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Informasi Ekonomi dan Kesra menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang pengelolaan informasi  ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis  dibidang pengelolaan informasi ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pengelolaan informasi ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pengelolaan informasi ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Pengolahan Informasi Ekonomi dan Kesra adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan pengelolaan informasi ekonomi, kesejahteraan rakyat dan memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyusun rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf dibawahnya.
    *

      Mengkonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang perdagangan dan jasa.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang investasi dan industri.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang ketenagakerjaan.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang koperasi dan UMKM.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang Sosial Budaya.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang Agama dan Pendidikan.
    *

      Mengelola, menyusun dan menerbitkan informasi bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pengelolaan informasi Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

Seksi Penyerapan Opini Publik

TUGAS.

        Seksi Penyerapan Opini Publik mempunyai tugas melaksanakan penyerapan informasi dalam bentuk opini melalui media massa (media cetak dan media elektronik)  maupun Informasi Teknologi.

FUNGSI.

        Kasi Penyerapan Opini Publik dalam pelaksanaan tugasnya melaksanakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang penyerapan opini publik.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis  dibidang penyerapan opini publik.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang penyerapan opini publik.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang penyerapan opini publik.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Penyerapan Opini Publik adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja program kerja dan kegiatan penyerapan Opini Publik dan memantau pelaksanaanya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf dibawahnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi program kerja, kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf  dibawahnya.
    *

      Mengkonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Melaksanakan pemantauan situasi kegiatan masyarakat dan pemerintah.
    *

      Melaksanakan penyerapan Opini Publik.
    *

      Melaksanakan forum diskusi dan dialog interaktif untuk menyerap opini publik tentang masalah aktual melalui tatap muka dan media massa.
    *

      Melaksanakan pengumpulan tanggapan masyarakat  terhadap isu aktual yang berkembang dalam masyarakat.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait dan Badan Informasi Publik Depkominfo untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Melaksanakan Pemantauan Dampak Situasional.
    *

      Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang penyerapan Opini Publik.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.  

 

BIDANG DISEMINASI INFORMASI

TUGAS.

        Bidang Diseminasi Informasi mempunyai tugas melaksanakan diseminasi informasi berkonten kebijakan/program Nasional dan Daerah serta membina Kelembagaan Sosial dan Pemerintah.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas bidang Diseminasi Informasi  menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan dan pelaksanaan program, petunjuk teknis dibidang diseminasi informasi.
    *

      Pemantauan dan pengendalian dibidang diseminasi informasi.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang diseminasi informasi serta koordinasi kehumasan.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan.

 URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Bidang Diseminasi Informasi adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja dan kegiatan diseminasi informasi.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada seksi-seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyelenggarakan  rekapitulasi program kerja dan kegiatan.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf.
    *

      Mengoreksi dan perbaikan konsep naskah dinas yang diajukan Kepala Seksi.
    *

      Menyiapkan dan melaksanakan Diseminasi Informasi melalui berbagai media.
    *

      Membina forum koordinasi Kehumasan Daerah sebagai salah satu Forum Diseminasi Informasi.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan evaluasi kegiatan dibidang diseminasi Informasi.
    *

      Menilai prestasi kerja kepala seksi dan staf  yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.   

 Bidang Diseminasi Informasi terdiri dari :

-          Seksi Kelembagaan komunikasi Sosial

-          Seksi Kelembagaan Komunikasi Pemerintah.

-          Seksi Diseminasi Informasi melalui Media.

 

Seksi Kelembagaan Komunikasi Sosial.

 

TUGAS.

        Seksi Kelembagaan Komunikasi Sosial mempunyai tugas melakukan pembinaan dan pemberdayan serta evaluasi terhadap kelompok-kelompok komunikasi sosial.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Seksi Kelembagaan Komunikasi Sosial menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana dan pelaksanaan program, petunjuk teknis diseksi kelembagaan komunikasi sosial.
    *

      Peningkatan Kemitraan  kelembagaan komunikasi sosial dan kelembagaan komunikasi profesi.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Kelembagaan Komunikasi Sosial adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja dan kegiatan Kelembagaan komunikasi sosial dan kelembagaan komunikasi profesi.
    *

      Membagi tugas staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyelenggarakan rekapitulasi Kegiatan.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Melakukan pembinaan  terhadap staf.
    *

      Mengonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Melakukan pembinaan media tradisional, lembaga komunikasi profesi dan lembaga komunikasi sosial.
    *

      Melakukan koordinasi dengan seksi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala bidang.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala bidang.

Seksi Kelembagaan Komunikasi Pemerintah

 

TUGAS.

        Seksi Kelembagaan Komunikasi Pemerintah mempunyai tugas mengelola bahan Komunikasi dan Diseminasi Informasi berupa paket Informasi Nasional dan Daerah.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Seksi Kelembagaan Komunikasi Pemerintah menyelenggarakan fungsi :

    *

      Menyusun rencana dan pelaksanaan program, petunjuk teknis dibidang kelembagaan komunikasi pemerintah.
    *

      Melaksanakan  Kemitraan kelembagaan komunikasi pemerintah.
    *

      Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    *

      Melaksanakan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian Tugas Kepala Seksi Kelembagaan Komunikasi Pemerintah adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja program kerja dan kegiatan Kelembagaan komunikasi pemerintah dan memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Staf.
    *

      Menyelenggarakan rekapitulasi kegiatan.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Mengelola bahan Diseminasi Informasi.
    *

      Melaksanakan kemitraan Forum Komunikasi Pemerintah dan BUMN/BUMD.
    *

      Menyelenggarakan evaluasi kegiatan dibidang Kelembagaan Komunikasi Pemerintah dan BUMN/BUMD.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala bidang.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala bidang

 Seksi Diseminasi Informasi Melalui Media

 TUGAS.

        Seksi Diseminasi Melalui Media mempunyai tugas melaksanakan sosialisasi melalui Multi Media.

FUNGSI.

        Dalam Melaksanakan diseminasi dan sosialisasi melalui media melaksanakan tugas Seksi Diseminasi Melalui Media menyelenggarakan fungsi :

    *

      Menyusun rencana dan pelaksanaan program, petunjuk teknis diseksi diseminasi melalui media.
    *

      Melaksanakan kemitraan dibidang diseminasi melalui media.
    *

      Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Bidang  sesuai dengan tugas dan fungsinya.
    *

      Melaksanakan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

 URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan fungsi dan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Disemilasi Melalui Media adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja dan kegiatan diseminasi melalui media.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk staf.
    *

      Menyelenggarakan rekapitulasi kegiatan.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Melaksanakan Diseminasi dan Sosialisasi melalui Multi media.
    *

      Melaksanakan Kemitraan dengan seksi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan evaluasi kegiatan dibidang diseminasi melalui media.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala bidang.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala bidang.

 

BIDANG PEMBERDAYAAN TELEMATIKA, POS DAN TELEKOMUNIKASI

 

TUGAS.

        Bidang Pemberdayaan Telematika, Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas melaksanakan kegiatan pemberdayaan telematika , pelayanan media center serta pemberdayaan pos dan telekomunikasi.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Bidang Pemberdayaan Telematika, Pos dan Telekomunikasi menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan pelaporan.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Bidang Pemberdayaan telematika, Pos dan Telekomunikasi adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun program kerja dan kegiatan pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Kasi-kasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
    *

      Membuat rekapitulasi program kerja, kegiatan serta anggaran tahunan.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap para Kepala Seksi dan staf.
    *

      Mengonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pemberdayaan telematika, media center, pos dan telekomunikasi.
    *

      Menilai prestasi kerja Kasi dan staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.  

Bidang Pemberdayaan telematika, Pos dan Telekomunikasi terdiri dari :

- Seksi Pemberdayaan Telematika

- Seksi Pelayanan Media Center

- Seksi Pemberdayaan Pos dan Telekomunikasi

Seksi Pemberdayaan Telematika

TUGAS.

        Seksi Pemberdayaan Telematika mempuyai tugas membina dan memonitor efektivitas e-government sebagai pusat informasi data elektronik.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Seksi Pemberdayaan Telematika  menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program  dan petunjuk teknis dibidang pemberdayaan telematika.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis  dibidang pemberdayaan telematika.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pemberdayaan telematika.
    *

      Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pemberdayaan telematika.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Seksi Pemberdayaan Telematika adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun program kerja dan kegiatan pemberdayaan telematika dan memantau pelaksanaannya.
    *

      Melaksanakan pembinaan dan pengembangan e-Government pada jajaran Pemerintah Kota Palembang.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada Staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi program dan kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengoreksi konsep  yang diajukan oleh staf.
    *

      Memaraf naskah yang dibuat sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Membina operator dan memonitor efektivitas  e-government di jajaran Pemerintah Kota Palembang.
    *

      Memberikan bimbingan kepada operator e-government.
    *

      Mengembangkan Sistem Jaringan On-Line di jajaran Pemerintah Kota Palembang.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      m.    Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.    

 

Seksi Pelayanan Media Center

TUGAS.

        Seksi Pelayanan Media Center mempunyai tugas melaksanakan, mengelola, memproduksi dan memberikan pelayanan informasi melalui media center.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Seksi Pelayanan Media Center menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pelayanan media center.
    *

      Pelaksanaan program dan petunjuk teknis dibidang pelayanan media center.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pelayanan media center.
    *

      Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pelayanan media center.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Seksi Pelayanan media Center :

    *

      Menyusun program kerja dan kegiatan pelayanan media center.
    *

      Melaksanakan pelayanan media center melalui Informasi teknologi (IT), memproduksi penerbitan dan cetakan serta pelayanan pers.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi program kerja, kegiatan serta anggaran.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Memaraf konsep naskah sesuai dengan kewenangan.
    *

      Menyiapkan Penyajian informasi melalui display foto.
    *

      Menyiapkan Penyajian informasi melalui media audio visual.
    *

      Menyiapkan Penyajian informasi melalui akses komputer.
    *

      Menyiapkan Penyajian informasi melalui call center.
    *

      Menyiapkan Penyajian informasi melalui penerbitan dan cetakan.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait dan newsroom Badan Informasi Publik Depkominfo untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan di Seksi Pelayanan Media Center.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.  

Seksi Pemberdayaan Pos dan Telekomunikasi

TUGAS.

        Seksi Pemberdayaan Pos dan Telekomunikasi mempunyai tugas melaksanakan pendataan, pembinaan, dan perizinan  jasa pos /titipan dan telekomunikasi.

FUNGSI.

        Dalam melaksanakan tugas Seksi Pemberdayaan Pos dan Telekomunikasi menyelenggarakan fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang pemberdayaan jasa pos/titipan dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanaan program petunjuk teknis dibidang pemberdayaan jasa pos/titipan dan telekomunikasi.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pemberdayaan jasa pos/titipan dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanan Evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pemberdayaan jasa pos/titipan dan telekomunikasi.
    *

      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS.

        Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud diatas, Uraian tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Pos dan Telekomunikasi adalah sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana kerja program kerja dan kegiatan pemberdayaan jasa pos/titipan dan Telekomunikasi.
    *

      Melaksanakan pembinaan dan perizinan jasa pos/titipan serta Pengawasan bidang Telekomunikasi.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf  dibawahnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi program kerja, kegiatan serta anggarannya.
    *

      Mempelajari dan menindak lanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Mengkonsep naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangan.
    *

      Melaksanakan Pendataan dan pembinaan Usaha Jasa Pos dan Telekomunikasi yang meliputi, Jasa Pengiriman dan Penitipan, Wartel, Warnet, Radio dan televisi swasta, operator seluler.
    *

      Melaksanakan pembinaan terhadap Jasa Pos dan Telekomunikasi yang meliputi konsultasi, koordinasi dan sosialisasi peraturan Perundang-undangan dan perizinan tentang penyelenggaraan usaha jasa pos dan telekomunikasi yang meliputi, jasa pengiriman dan penitipan, wartel, warnet, radio dan Televisi swasta, Operator seluler.
    *

      Melaksanakan pembinaan perizinan dan sertifikasi Usaha Jasa Pos dan Telekomunikasi yang meliputi, Perizinan Jasa Pengiriman dan Penitipan, Wartel dan Warnet,  memberikan rekomendasi radio dan televisi swasta, provider, operator seluler, tower telekomunikasi.
    *

      Melaksanakan penertiban terhadap usaha jasa pos/titipan dan telekomunikasi yang melanggar peraturan perundang-undangan.
    *

      Melaksanakan Evaluasi dan Pelaporan kegiatan Pemberdayaan jasa pos/titipan dan Telekomunikasi.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang pemberdayaan jasa pos/titipan dan telekomunikasi.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.  

 

BIDANG PENGEMBANGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

     

TUGAS POKOK

        Bidang  Pengembangan Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas pokok melaksanakan  sebagian tugas pokok dinas Kominfo di bidang pengembangan komunikasi dan informatika melalui pengembangan komunikasi diseminasi informasi, aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi serta pengembangan SDM.

FUNGSI

        Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi :                     

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis dibidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pelaksanaan progam dan petunjuk teknis dibidang pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pelaksanaan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 URAIAN TUGAS

            Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), Uraian tugas Kepala Bidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika sebagai berikut:

    *

      Menyusun rencana program kerja dan kegiatan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada seksi-seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Menyelenggarakan  rekapitulasi program kerja dan kegiatan serta anggaran tahunan Kepala Dinas.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Dinas.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan melekat terhadap para Kepala Seksi dan staf.
    *

      Meneliti konsep naskah dinas yang diajukan oleh para Kepala Seksi.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Dinas tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.  

Bidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika terdiri dari :

1.      Seksi Pengembangan Komunikasi Diseminasi Informasi.

2.      Seksi Pengembangan Aplikasi Teknologi, Komunikasi Dan Informasi.

3.      Seksi Pengembangan SDM Komunikasi Dan Informatika.

Seksi pengembangan komunikasi diseminasi informasi

 

TUGAS

        Seksi Pengembangan Komunikasi Diseminasi Informasi mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok bidang pengembangan komunikasi dan informatika melalui penyusunan, perencanaan,  pengorganisasian, evaluasi pengembangan komunikasi diseminasi informasi.

FUNGSI

        Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), seksi pengembangan Komunikasi diseminasi informasi mempunyai fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengembangan teknis di bidang Pengembangan Komunikasi diseminasi informasi.
    *

      Pelaksanaan Program dan Petunjuk teknis dibidang pengembangan komunikasi diseminasi informasi.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pengembangan komunikasi  diseminasi informasi.
    *

      Melaksanakan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/ instansi lain dibidang pengembangan komunikasi diseminasi informasi.
    *

      Pelaksanaan tugas-tugas lain  yang diberikan oleh kepala bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 URAIAN TUGAS

            Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan Komunikasi Diseminasi Informasi sebagai berikut :

    *

      Menyusun rencana program kerja dan melaksanakan kegiatan pengembangan komunikasi diseminasi informasi serta memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi kegiatan berdasarkan anggaran kerja.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Membuat naskah dinas untuk diajukan kepada Kepala Bidang.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Bertanggung jawab kepada Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas.
    *

      Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan di bidang pengembangan komunikasi diseminasi informasi.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan bidang  tugasnya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.

Seksi Pengembangan Aplikasi Teknologi, Komunikasi dan Informasi

 

TUGAS

        Seksi Pengembangan Aplikasi Teknologi, Komunikasi dan Informasi mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok bidang pengembangan Komunikasi dan Informasi di bidang pengembangan aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi.

FUNGSI

        Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengembangan Aplikasi Teknologi, Komunikasi dan Informasi mempunyai fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengembangan aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi.
    *

      Pelaksanaan Program dan Petunjuk teknis dibidang pengembangan aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang pengembangan aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi.
    *

      Melaksanakan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/ instansi lain dibidang pengembangan aplikasi teknologi, komunikasi dan informasi.
    *

      Pelaksanaan tugas-tugas lain  yang diberikan oleh kepala bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS

        Berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), Uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan Teknologi, Komunikasi dan Informasi sebagai berikut :

    *

      Menyusun rencana program kerja dan melaksanakan kegiatan aplikasi Teknologi, Komunikasi dan Informasi dan memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi kegiatan berdasarkan anggaran kerja.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Membuat naskah dinas untuk diajukan kepada Kepala Bidang.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Bertanggung jawab kepada Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan seksi dan bidang dilingkungan kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan di bidang pengembangan Aplikasi Teknologi, Komunikasi dan Informasi.
    *

      Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan tugas pokoknya.
    *

      Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Bidang.  

 Seksi Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika

 

 

TUGAS

        Seksi Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok bidang pengembangan Komunikasi dan Informasi di bidang Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika.

FUNGSI

        Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut pada ayat (1), Seksi Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi :

    *

      Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang dibidang Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pelaksanaan Program dan Petunjuk teknis dibidang Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pengawasan, pembinaan dan pengendalian dibidang Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika.
    *

      Pelaksanaan Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
    *

      Pelaksaaan Koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain dibidang pengembangan SDM komunikasi dan informatika.
    *

      Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

URAIAN TUGAS

        Berdasarkan tugas dan pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2), uraian tugas Kepala Seksi Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika sebagai berikut :

    *

      Menyusun rencana program kerja dan melaksanakan kegiatan Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika dan memantau pelaksanaannya.
    *

      Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada staf sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
    *

      Membuat rekapitulasi kegiatan berdasarkan anggaran kerja.
    *

      Mempelajari dan menindaklanjuti petunjuk yang diberikan oleh Kepala Bidang.
    *

      Membina, memotivasi dan melakukan pengawasan terhadap staf.
    *

      Membuat naskah dinas untuk diajukan kepada Kepala Bidang.
    *

      Memaraf naskah dinas sesuai dengan kewenangannya.
    *

      Bertanggung jawab kepada Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas.
    *

      Melakukan Koordinasi dengan seksi dan bidang dilingkungan kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
    *

      Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi kegiatan dibidang Pengembangan SDM Komunikasi dan Informatika.
    *

      Menilai prestasi kerja staf  berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
    *

      Memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil sesuai dengan tugas pokoknya.
    *

      m.    Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas.  

 

 

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

 

Kelompok Jabatan Funsional yang ada di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang berupa Jabatan Fungsional Pranata Humas sesuai dengan SK bersama Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 19/PER/M.KOMINFO/2006 dan No. 8. A tahun 2006 dengan jenjang Jabatan Pangkat Pranata Humas :

 

   1. Tingkat Terampil

   1. Pranata Humas Pelaksana Pemula

Pengatur Muda, II/a

   2. Pranata Humas Pelaksana

Pengatur Muda Tk. I  II/b. pengatur II/c, pengatur Tk. I  II/d

   3. Pranata Humas Pelaksana Lanjutan

Penata Muda III/a, Penata Muda Tk. I  III/b

   4. Pranata Humas Penyelia

Penata III/c, Penata Tk. I  III/d

 

   2. Tingkat Ahli

   1. Pranata Humas Pertama

Penata Muda III/a, Penata Muda Tk. I  III/b, Penata III/c,

Penata Tk. I  III/d

   2. Pranata Humas Muda

Pembina IV/a, Pembina Tk. I  IV/b

   3. Pranata Humas Madya

Pembina Utama Muda IV/c

Telepon Penting
Kebakaran113, 312011
Ambulans118
Polisi110
SAR355111
RSMH354088
 
Pengunjung Kami
 
Komentar
 
Pengunjung
Tahun ini23681
Bulan ini54
Hari ini11
Online1
203894
Sejak : 03/11/2009
 

Hemat Air

Portal Nasional Republik Indonesia   Provinsi Sumatera Selatan   Bulletin Metropolis   Departemen Dalam Negeri RI   Pemerintah Kota Palembang   Departemen Komunikasi & Informatika RI  

© 2006 - 2009 Pemerintah Kota Palembang